Saturday 20 July 2013

MANFAAT ZIKIR

Zikir
Terdapat ritual yang menyebutkan atau mengingat Tuhan secara berulang-ulang. Dalam agama Islam disebut Zikir sementara dalam agama Katolik disebut Rosario. Dalam agama Hindu ia disebut sebagai mantra.
Sains menunjukkan kalau zikir ternyata bagus untuk jantung anda. Pengkajian pada tahun 2001 menemukan kalau mengatakan pujian dalam bahasa Latin meningkatkan variabilitas dan sensitivitas barorefleks jantung anda, yang memastikan kalau itu  baik untuk jantung anda. Para ilmuan membandingkannya dengan mantra yogi dan menemukan manfaatnya ternyata sama.
Ini bukan efek supernatural – tampaknya, irama mengucapkan sesuatu membantu mengatur pernafasan anda. Jadi bukan apa yang diucapkan, tapi pengulangan yang menjaga laju pernafasan anda turun, yang jika dipraktikkan secara teratur, dapat membuat anda menjauh dari serangan jantung.
Para ilmuan yang meneliti hal ini berspekulasi mengapa ini menjadi alasan kalau tradisi zikir berevolusi – terasa enak melakukannya, dan membuat anda lebih mudah menerima pesan keagamaan.

No comments:

Post a Comment